The New Stuff

"Kamu udah kerjain tugasnya atau belum ?, kan besok dateline nya "
Hayoo deadline atau dateline ?
Kedua kata tersebut ketika diucapkan oleh lidah indonesia memang terkesan persis, namu kedua kata tersebut mempunya arti yang berbeda dan tidak bisa saling menggantikan. Banyak dari kita terutama mahasiswa menyelipkan bahasa atau istilah biar kelihatan keren.

Kalau kita ngobrol sih gak terlalu masalah, lha kalau sms atau chat ?, kan kelihatan salah atau benarnya.. Kalau salah kan malu.
Kesalahan penggunaan kata dateline untuk menunjukan batas waktu atau deadline karena kata tersebut diartikan secara sederhana dan semaunya sendiri.

dateline = garis waktu  VS deadline = garis mati
 

Hanya karena dateline mengandung kata yang menunjukan waktu, maka banyak yang kekeh menggunakan kata dateline.

1. Dateline; [noun] A phrase at the beginning of newspaper or magazine article that gives the date and place of its origin (Sebuah frase pada permulaan berita di surat kabar atau majalah yang menerangkan tanggal dan tempat kejadiannya). [Source; http://www.answers.com/topic/dateline]. Sebagai tambahan, penggunaan dateline ini juga telah diadopsi oleh stasiun televisi. Biasanya diucapkan di akhir suatu reportase (liputan), untuk memberitahu pemirsa siapa reporter dan kru (kameraman), dan di mana reportase atau kejadian itu berlangsung.

2. Deadline; [noun] #1. A time limit, as for payment of a debt or completion of an assignment (Tenggat waktu, untuk pembayaran utang atau penyelesaian suatu pekerjaan). #2. A boundary line in prison that prisoners can cross only at the risk of being shot (Garis batas di penjara yang hanya bisa dilalui oleh para tahanan dengan resiko ditembak)

disadur : xvader

Similar Post You May Like