The New Stuff

Apa sih IQ itu ?

IQ merupakan angka index yang menyatakan tingkatan kecerdasan Manusia. 

IQ diketahui melalui psikotest yang memiliki banyak metode atau cara. Namu, para ahli mempunyai pendapat berbeda dalam menentukan soal tingkatan IQ manusia. Berikut Klasifikasi IQ manusia menurut pendapat para ahli :

  1. Stanford-Binet mengkalsifikasikan nilai IQ normal berkisar diantara 85 - 115.
  2. Lewis Terman mengklasifikasikan nilai IQ manusia normal diantara 90 - 109.
  3. Weschler mengklasifikasikan nilai IQ normal manusia pada angka 100 dengan toleransi 15 (sama dengan 85 - 115)

Uraian diatas menjelaskan tentang tingkat intelegensi dalam ukuran secara kognitif, pandangan lama menunjukkan bahwa kualitas intelegensi atau kecerdasan yang tinggi dipandang sebagai faktor yang mempengaruhi keberhasilan individu dalam belajar dan meraih kesuksesan.

Namun baru-baru ini telah berkembang pandangan lain yang menyatakan bahwa faktor yang paling dominan yang mempengaruhi keberhasilan individu dalam hidupnya bukan semata-mata ditentukan oleh tingginya kecerdasan intelektual, tapi oleh faktor kemantapan emosional yang ahlinya yaitu Daniel Goleman disebut Emotional Intelegence (kecerdasan emosional).

Bedasarkan pengamatannya, banyak orang yang gagal dalam hidupnya bukan karena kecerdasan intelektualnya rendah, namun mereka kurang memiliki kecerdasan emosional mekipun intelegensinya berada pada tingkatan rata-rata. Tidak sedikit orang yang sukses dalamnya hidupnya karena memilki kecerdasan emosional.

Similar Post You May Like